Jelang HUT Bhayangkara ke-76 di TMP Nagur, Jajaran Polres Simalungun Bersama Jajaran Polres Pematang Siantar Laksanakan Ziarah Makam dan Tabur Bunga

    Jelang HUT Bhayangkara ke-76 di TMP Nagur, Jajaran Polres Simalungun Bersama Jajaran Polres Pematang Siantar Laksanakan Ziarah Makam dan Tabur Bunga
    Sambut Hut ke-76 Hari Bhayangkara, Jajaran Polres Simalungun Bersama Jajaran Polres Pematang Siantar Laksanakan Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Nagur, Kota Pematang Siantar

    SIANTAR - SIMALUNGUN - Beberapa hari ke depan, tepatnya pada tanggal 01 Juli 2022, jajaran Institusi Kepolisian Republik Indonesia kembali merayakan Hari Ulang Tahun ke-76 Bhayangkara.

    Informasi diperoleh, terkait pelaksanaan kegiatan menjelang HUT ke-76 Bhayangkara, jajaran Kepolisian Resort (Polres) Simalungun melaksanakan ziarah ke makam pahlawan.

    Seluruh rombongan peserta tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nagur, Jalan Sangnawaluh, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematng Siantar, Kamis (29/6/2022) sekira pukul 08.00 WIB.

    Kegiatan ini dipimpin Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto, S.H., S.I.K., M.H., bersama Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando, S.I.K., S.H., yang disampaikan dalam pers rilis 

    Sementara, seluruh Pejabat Utama (PJU), Perwira, Bintara dan ASN serta anggota kepolisian turut hadiri Ziarah Makam Pahlawan.

    Selain itu, Ny. Dona Dedy selaku Ketua Bhayangkari Cabang Simalunguntampak hadir bersama seluruh Pengurus dan anggota Bhayangkari Cabang Simalungun.

    Di Taman Makam Pahlawan, sesaat sebelum berziarah, seluruh yang hadir melaksanakan Apel dan setelah itu berdoa bersama penuh khidmat.

    Dalam amanatnya, Kapolres AKBP Nicolas Dedy Arifianto, S.H., S.I.K., M.H., mengutarakan, dalam kegiatan ini personel Polres Simalungun melaksanakan bersama personel Polres Pematang Siantar.

    Disebutkan, pada hari ini, personel Polres Simalungun bersama dengan Polres Pematang Siantar melaksanakan Ziarah di Makam Pahlawan.

    Selanjutnya, dirangkai dengan memanjatkan doa bersama kepada Tuhan Yang Esa, dalam rangka upacara pensucian pataka, seiring rangkaian HUT BHAYANGKARA  Ke - 76 Tahun 2022.

    Diterangkan, mengisi kegiatan HUT ke-76 Bhayangkari dengan mengirimkan doa dan mewarisi nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan sebagai pendahulu.

    Kegiatan diawali dengan penyampaian Laporan Perwira Ziarah kepada Pimpinan Ziarah dilanjutkan Penghormatan kepada arwah para Pahlawan dipimpin oleh Pimpinan Ziarah.

    Kemudian, seluruh hadirin mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan, peletakan Karangan Bunga di Tugu Prasasti TMP Nagur dilakukan Pimpinan Ziarah.

    Dan diakhiri dengan melaksanakan penaburan bunga di makam pahlawan oleh pimpinan ziarah diikuti seluruh PJU dan peserta Ziarah.

    Kapolres AKBP Nicolas Dedy Arifianto menyampaikan, Polri wajib mengenang jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dalam kegiatan berziarah di TMP Nagur.

    Lebih lanjut, AKBP Nicolas Dedy Arifianto menerangkan, menjelang beberapa hari lagi Polri akan merayakan Hari ke-76 Bhayangkara.

    Dikatakan, sebagai penerus perjuangan para pahlawan, tentu harus bisa menghormati dan mengambil makna, agar mengikuti jejak perjuangan beliau (para pahlawan; red) yang telah mendahului kita.

    Saat kegiatan itu, AKBP Nicolas Dedy Arifianto selaku pemimpin apel ziarah sekaligus melakukan tabur bunga di makam para pahlawan.

    Usai kegiatan, Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto di hadapan sejumlah jurnalis dari berbagai media menerangkan, tututan bagi pihak Kepolisian terhadap perjuangan pahlawan pada masanya.

    "Polri harus mampu mempertahankan dan mengikuti jejak para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya, " kata AKBP Dedy.

    Untuk hal itu, lanjut Kapolres Simalungun menegaskan, Institusi Polri berkewajiban mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan dan hal itu, sejalan dengan tema, HUT ke-76 Bhayangkara.

    "Adalah "Polri Yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh - Indonesia Tumbuh", tegas Kapolres Simalungun.

    Kapolres Simalungun menambahkan, bahwa sebagai generasi penerus, tentunya tidak boleh hanya menikmati, tetapi harus mengenang jasa-jasa pahlawan.

    "Sebab, para pahlawan telah memberikan pengorbanan kepada bangsa, negara dan rakyat, khususnya, bagi Kepolisian Republik Indonesia, " terang Kapolres.

    Untuk itu, kata Kapolres di akhir penyampaiannya mengutarakan, sebagai generasi penerus bangsa, sepatutnya menghargai setiap tetesan keringat bahkan tetesan darah para pahlawan dalam perjuangannya.

    "Kita berkewajiban mengingat, mengenang dan meneruskan apa yang mereka cita-citakan, " tutup Kapolres Simalungun.

    Kegiatan itu, dipimpin Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto, S.H., S.I.K., M.H., didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Ny. Dona Dedy., bersama para pengurusnya.

    Turut dihadiri AKBP Fernando, S.I.K., S.H., selaku Kapolres Pematang Siantar dan Kabag Sumda Polres Simalungun Kompol Joner Purba.

    Juga hadir, .Danki 2 Yon B Brimob Pematang Siantar AKP Ghofur Hidayat, S.I.K., Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Adi Haryono, SH., dan Kasat Samapta Polres Simalungun AKP P. Butarbutar, SH.

    Kegiatan juga diikuti, Kasi Propam Polres Simalungun IPTU B Tobing, para PJU Polres Simalungun, para PJU Polres Pematang Siantar, PA, BA dan pegawai sipil Polres Simalungun bersama pegawai sipil Polres Pematang Siantar. (rel)

    simalungun sumut pematang siamtar kamry479@gmail.com
    Amry Pasaribu

    Amry Pasaribu

    Artikel Sebelumnya

    Aksi Demo Masyarakat Kecamatan Sidamanik...

    Artikel Berikutnya

    Restorasi Justice Terlaksana di Polsek Parapat,...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Presiden Jokowi Jamu Santap Malam Para Pemimpin dan Delegasi KTT WWF Ke-10 di GWK
    Dekat di Hati Masyarakat, Satgas Yonif 115/ML Membina Kemampuan Bola Voli Masyarakat Kampung Yambi
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali

    Ikuti Kami